Kamis, 25 Februari 2016

Sebutkan tanda jeda dan intonasi pada puisi dan pantun serta hal yang harus diperhatikan dalam mengungkapkan kritik dan saran.?

Hal-Hal yang Perlu Ditanggapi Saat Mendengarkan Pembacaan Puisi Hal-hal yang perlu ditanggapi saat mendengarkan pembacaan puisi sebagai berikut.
  1. Lafal adalah cara seseorang mengucapkan bunyi bahasa (huruf, kata, dan frasa). Lafal disebut juga pengucapan. Apakah huruf, kata-kata, ataupun frasa dalam puisi yang dibacakan sudah dilafalkan dengan jelas dan tepat?
  2. Ketepatan penggunaan jeda. Pelajarilah puisi dan pantun. Cobalah berlatih mengucapkan lafal kata dan kalimat dengan intonasi yang sesuai. Jangan lupa ekspresikan dengan tepat
  3.  Intonasi adalah ketepatan mengucapkan tinggi rendahnya kalimat. Apakah kalimat demi kalimat dalam puisi sudah dibaca dengan intonasi yang sesuai dengan isi atau jenis kalimat? Misalnya, kalimat seru harus dibaca menggunakan intonasi naik
  4.  Ekspresi wajah. Ekspresi wajah adalah perubahan roman muka pembaca puisi ketika membacakan puisi. Suatu hal yang tidak tepat jika pembaca puisi bertema kesedihan membawakannya dengan ekspresi wajah gembira
  5.  Tandailah jeda dan intonasi pada puisi dan pantun yang Anda temukan. Anda dapat menggunakan  tanda-tanda berikut
Cara Menyampaikan Komentar
Komentar yang Anda sampaikan dapat berupa kritik dan saran. Kritik dan saran dapat disampaikan sebagai reaksi terhadap sesuatu, misalnya laporan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengungkapkan kritik dan saran.
1. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
2. Mencatat hal-hal yang hendak diberi kritik atau saran.
3. Mengemukakan kritik atau saran dengan bahasa yang baik.
4. Berikan argumen untuk memperkuat kritik atau saran yang Anda ungkapkan.
5. Jika kritik atau saran disampaikan secara lisan, perlu diperhatikan hal-hal berikut.
  1.  Kemukakan kritik dan saran dengan bahasa yang baik, nada yang biasa, tidak terkesan menentang atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
  2. Jika memang diperlukan untuk memperjelas apa yang dimaksud, bisa diberikan penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts