Sabtu, 03 Oktober 2015

Jelaskan apa ciri-ciri nomina dari segi sintaksis?

Ciri-ciri nomina dari segi sintaksis adalah cenderung menduduki subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat yang predikatnya verba; tidak dapat dijadikan bentuk ingkar dengan kata tidak; dan diikuti oleh adjektiva baik langsung maupun dengan perantara yang.

Apa Ciri-ciri kata kerja?
Ciri-ciri kata kerja adalah, berfungsi sebagai predikat atau inti predikat dalam kalimat walaupun dapat juga berfungsi lain; mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang  bukan sifat atau kualitas; dan verba yang bermakna keadaan tidak dapat diberi prefik teryang berarti paling.

 Apa saja penanda kata kerja?
Penanda kata kerja adalah kata sudah, sedang, akan, bisa, harus. Adapun bentuk verba ada dua, yaitu kata dasar yang berdiri sendiri tanpa afiks, dan kata turunan yang berasal dari afiks. Kata  turunan berasal dari afiks ada lima, yaitu dasar bebas afiks wajib dan manasuka, dasar terikat afiks wajib, reduplikasi, dan majemuk.

Apa yang dimaksud dengan interjeksi?
Interjeksi atau kata seru adalah kata tugas yang mengungkapkan rasa hati manusia. Jenisnya ada yang mengacu pada sikap bernada negatif, positif, keheranan, netral, atau campuran (hem).

 Sebutkan apa saja Ciri-ciri adjektiva?
Ciri-ciri adjektiva adalah dapat diberi keterangan pembanding , penguat, dapat diingkari dengan kata tidak, dapat diulang dengan awalan se– dan akhiran –nya, dapat berakhir dengan –er, – wi, –iah, –if, –al, –ik.

Jelaskan  bentuk kata benda, secara morfologis?
Bentuk kata benda, secara morfologis, ada dua macam, yaitu kata dasar (monomorfemis) terdiri atas satu morfem; dan kata turunan (polimorfemis) terdiri atas dua morfem atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts