Sabtu, 05 Desember 2015

Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Forum Resmi dengan Intonasi dan Jeda Kalimat yang Tepat

Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Forum Resmi dengan Intonasi dan Jeda Kalimat yang Tepat

Pada pertemuan yang lalu kamu telah berlatih memperkenalkan diri atau orang lain dalam suatu forum resmi dengan menyusun teks terlebih dahulu. Dalam kegiatan semacam itu, kendala yang cukup sulit adalah bagaimana kita dapat mengucapkan kalimat dengan intonasi yang tepat, hingga apa yang kita ucapkan menjadi suatu pembicaraan yang komunikatif.


Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita  dapat berlatih dengan memberi tanda jeda pembantu (/) pada teks yang akan kamu ucapkan atau kamu bicarakan. Pemberian tanda jeda pembantu itu, dimaksudkan untuk membantu kamu dalam pengucapan kalimat dan intonasi kamu tepat dan komunikatif. Pemberian tanda jeda pembantu harus mempertimbangkan kelompok kata yang merupakan kesatuan makna. Jika kamu salah dalam memberikan jeda pada kalimat, makakalimat yang kamu ucapkan pun menjadi rancu

Perhatikan contoh berikut!
Baiklah, / sebelum acara diskusi pada hari ini / kita mulai, / saya perkenalkan terlebih dahulu / dua orang panelis yang sengaja kita datangkan, / dan sekarang telah hadir / di depan para peserta diskusi.

Dalam praktik pengucapan kata-kata, tanda jeda pembantu hanya sekedar memberi ruang kesenyapan (berhenti) sesaat untuk memperjelas pengertian suatu kelompok kata. Oleh sebab itu lamanya kesenyapan jeda pembantu sebaiknya jangan melebihi lamanya kesenyapan tanda jeda koma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts