Sabtu, 10 Oktober 2015

Jelaskan bagaimana Mengenal Kalimat Bernalar?

Mengenal Kalimat Bernalar
Penalaran adalah suatu proses berpikir untuk menghubung-hubungkan fakta yang ada sehingga sampai pada suatu simpulan. Dengan kata lain, penalaran ialah proses mengambil simpulan dari bahan bukti atau petunjuk ataupun yang dianggap bahan bukti atau petunjuk (Moeliono, 1988: 124-125). Kalimat bernalar ialah kalimat yang dilandasi suatu pemikiran yang jernih, dijunjung oleh bahan bukti atau data yang benar. Namun, jika kalimat yang ditulis berawal dari pemikiran kusut atau alasan yang  sesat kalimat tersebut adalah kalimat yang salah nalar atau kalimat yang tidak logis. Perhatikan dengan cermat kalimat di bawah ini!

Dalam lomba itu Murti Rais dari Jawa
Timur keluar sebagai juara pertama. Juara
kedua diduduki Nunung Manunggal dari DKI


Sepintas lalu kutipan itu terasa tidak aneh. Namun demikian, jika diamati lebih lanjut, akan muncul pertanyaan: siapakah juara kedua yang diduduki Nunung itu? Artinya, ada yang mengganggu nalar berbahasa kita. Dalam kalimat pertama kutipan di atas, ada orang bernama Murti Rais yang menjadi juara pertama. Tentu ada orang lain yang menjadi juara kedua. Apakah orang yang menjadi juara kedua itu merupakan tempat duduk bagi Nunung? Beberapa kalimat berikut ini dapat dijadikan pilihan untuk menggantikan kalimat kedua pada kutipan di atas
  • Gelar juara kedua diraih oleh Nunung Manunggal dari DKI
  •  Tempat kedua diduduki oleh Nunung Manunggal dari DKI.
  •  Peringkat kedua diduduki oleh Nunung Manunggal dari DKI.
Berikut ini contoh kalimat yang tidak bernalar beserta alasan dan cara memperbaikinya

Laporan ini terutama ditujukan untuk melengkapi kekurangan laporan pada semester   yang lalu. Oleh karena itu, laporan ini hanya berisi teknis pelaksanaan kegiatan.

Alasan:
Kalimat di atas menyatakan bahwa hadirnya laporan tersebut akan melengkapi kekurangan, sehingga kekurangan yang ada akan bertambah lengkap. Padahal yang dimaksudkan oleh penulis laporan itu untuk melengkapi laporan semester yang lalu sehingga  kekurangan pada laporan itu dapat teratasi.
 
Perbaikan:
Laporan itu terutama dimaksudkan untuk  melengkapi materi laporan pada semester yang lalu. Oleh karena itu, laporan ini hanya berisi teknis pelaksanaan kegiatan. Laporan ini terutama dimaksudkan untuk menutupi kekurangan laporan pada semester yang lalu. Oleh karena itu, laporan ini hanya berisi teknis pelaksanaan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts