Selasa, 23 Februari 2016

Bagaimana cara Berpidato tanpa teks ?

Berpidato dengan Menarik
Jika Anda dapat menyampaikan pidato dengan menarik, tentu para pendengar akan merasa senang dan tidak akan bosan. Sebenarnya bekal utama bagi Anda agar dapat berpidato dengan menarik adalah benar-benar menguasai topik atau masalah yang akan disampaikan. Dengan begitu,Anda pun dapat menyampaikan pidato sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Apakah Anda bertujuan untuk menghibur, mempengaruhi, ataukah bertujuan untuk memberitahukan sesuatu kepada pendengar. Pada saat berpidato Anda dapat membawa teks atau tanpa teks. Namun, pada kesempatan ini Anda akan berlatih pidato tanpa teks. Bagaimanakah caranya? Berpidato tanpa teks dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa cara berpidato berikut.
1. Menghafal
Sebelum berpidato, Anda dapat menyusun naskah terlebih dahulu. Kemudian, menghafalkannya.

2. Ekstemporan
Sebelum berpidato, terlebih dahulu Anda dapat menyiapkan catatan berupa garis-garis besar masalah yang akan dipidatokan. Pada saat berpidato garis-garis besar masalah tersebut dapat Anda kembangkan secara lisan dengan bahasa yang menarik dan sesuai dengan tujuannya.

3. Impromtu
Pembawa pidato menyampaikan pidatonya dengan serta merta atau spontan, tanpa persiapan terlebih dahulu. Naskah pidato harus terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup pidato. Bagian pendahuluan dapat berisi tujuan pidato itu disampaikan. Isi pidato berisi gagasan pokok yang akan disampaikan. Bagian penutup pidato dapat berisi rangkuman, pernyataan ulang tujuan khusus, atau berupa seruan untuk membangkitkan semangat atau ringkasan bagian yang penting. Selanjutnya, seorang pembawa pidato harus menggunakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat dalam menyampaikan pidatonya. Dengan begitu, pidato yang disampaikan akan lebih menarik. Parapendengar pun dapat menangkap maksud dan informasi yang disampaikan secara utuh


Selain memperhatikan penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat seorang pembawa pidato juga harus memperhatikan hal-hal di bawah ini.
1. Penampilan
Ketika seseorang berpidato, orang tersebut menjadi pusat perhatian pendengar pidato. Oleh karena itu, ia harus memperhatikan penampilan. Selain penampilan fisik dan cara berpakaian yang sopan, ia harus tenang dan simpatik.

2. Ekspresi dan Gerakan
Untuk mendukung penampilan, ekspresi dan gerakan harus  diperhatikan oleh pembawa pidato. Ekspresi ketika berpidato harusbersahabat, misalnya berusaha menghilangkan ekspresi tegang atau cemberut. Selain itu, gerakan-gerakan perlu dilakukan saat berpidato untuk mendukung penyampaian masalah atau tujuan pidato. Akan tetapi, gerakan-gerakan tersebut dilakukan seperlunya saja. Jangan dilakukan secara berlebihan agar tidak mengganggu dalam berpidato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts