Selasa, 23 Februari 2016

Berikan contoh penulisan esai secara lengkap?

Esai merupakan salah satu bentuk wacana. Biasanya esai menjelaskan suatu permasalahan. Karangan esai adalah karangan prosa yang membahas satu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Esai membahas masalah aktual yang sedang ramai dibicarakan umum. Karangan berbentuk esai singkat, padat, dan fokus pada objek yang dibahas. Esai disampaikan dengan bahasa yang ringan. Setiap penulis esai mempunyai gaya khas dalam membahas suatu masalah.

Insektisida Biji Jarak
Pernahkah kita membayangkan bahwa tanaman jarak yang tumbuh liar di halaman rumah ternyata bermanfaat? Jarak yang ditanam sebagai tanaman pagar itu ternyata mempunyai multifungsi. Jarak dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Jarak pun mempunyai racun mematikan. Racun ini bisa menjadi sahabat, tetapi bisa juga menjadi musuh manusia. Tanaman jarak memang mudah tumbuh di mana-mana. Asal-usul tanaman ini memang masih jadi bahan perdebatan. Namun, banyak pendapat yang mengatakan bahwa jarak berasal dari Amerika Latin. Dari sana jarak menyebar ke Afrika lalu menyebar ke seluruh dunia.

Karena mudah tumbuh, tanaman jarak ini dimanfaatkan sebagai pagar halaman. Bahkan, di Mali, Afrika Barat, tanaman jarak ini sengaja ditanam untuk melindungi kebun dari gangguan binatang perusak. Alasannya sederhana. Tumbuhan jarak ini mudah dipelihara, tahan lama, dan daunnya tidak disukai hewan pengganggu.

Di balik ‘kesederhanaannya’ sebagai tanaman yang mudah tumbuh, tanaman jarak menyimpan banyak manfaat. Biji jarak merupakan sumber minyak nabati yang multimanfaat. Minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai penerangan dan bahan bakar. Selain itu, minyak jarak juga dapat digunakan dalam bidang farmasi, industri, dan otomotif. Dalam farmasi, minyak jarak jenis kaliki dapat dimanfaatkan sebagai perangsang buang air besar. Minyak jarak yang dikenal dengan nama minyak kastroli ini juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan rambut.

Dalam industri, minyak kastroli dipakai sebagai campuran pembuatan sabun, lotion, dan produkproduk produkproduk kosmetik. Selain itu, minyak kastroli juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat cat dan plastik.

Sementara itu, dalam bidang otomotif minyak kastroli digunakan sebagai bahan pelumas. Bahkan, nama kastroli ini digunakan sebagai merek pelumas yang cukup terkenal.

Di balik kemanfaatannya itu, ternyata minyak jarak juga dapat menjadi musuh kita. Biji jarak terutama biji jarak kaliki, mengandung racun yang dapat mencelakai manusia. Racun biji jarak ini dinamai racun ricin yang diambil dari nama latinnya Ricinus. Secara kimiawi ricin tergolong protein yang mudah rusak dengan pemanasan tinggi. Ricin juga tidak larut dalam lemak. Itulah sebabnya, pada saat proses pengambilan minyak dari biji jarak, ricin terpisah sebagai residu.

Karena kandungan racun ini, biji jarak kaliki harus diperlakukan ekstra hati-hati. Lebih-lebih jika anak-anak yang memegangnya. Agar tidak meracuni, maka biji jarak kaliki harus ditumpas saat masih berupa bunga atau buah muda.

Karena alasan racun yang mematikan ini pulalah biji jarak dimanfaatkan sebagai pestisida alami. Serangga pengganggu tanaman akan langsung mati jika disemprot dengan racun alami ini. Dibandingkan dengan pestisida sintetis, biopestisida jarak mempunyai beberapa kelebihan. Pestisida biji jarak dapat dibuat sendiri dengan mudah dan murah. Racun biji jarak inilah agaknya yang menjadikan tiga siswa SMP menjadi pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja Disdikda Bojonegoro. Mereka mengadakan penelitian dan percobaan terhadap biji jarak kering. Dari biji jarak kering itulah mereka membuat insektisida yang ramah lingkungan

Penelitian tiga siswa itu bermula dari persoalan bahwa Indonesia sebagai negeri agraris kurang mampu memenuhi kebutuhan pangan. Penyebabnya adalah banyak kendala yang dihadapi petani dalam bertani. Salah satunya adalah penggunaan insektisida yang tidak ramah lingkungan. Selama ini insektisida yang digunakan petani sifatnya sintetis dan merusak kandungan hara tanah. Masalah itulah yang mendorong ketiga siswa tersebut mengadakan penelitian. Mereka mencari bahan insektisida yang ramahblingkungan.

Mereka pun memilih biji jarak yang dikenal banyak manfaatnya. Namun, belum banyak yang memanfaatkannya. Dari penelitian yang dilakukan, mereka menemukan bahwa biji jarak bisa menjadi insektisida alternatif. Mekanisme kerja yang dilakukan ketiga siswa tadi sebagai berikut
  1. Biji jarak kering ditumbuk hingga menjadi serbuk halus
  2.  Serbuk halus biji jarak ditakar sesuai dengan komposisinya, kemudian direndam.
  3. Setelah direndam, serbuk biji jarak dimasukkan dalam botol penyemprot. Takarannya, 100 mlper 8 gram hingga 10 gram serbuk biji jarak.
  4. Serbuk jarak pun siap digunakan untuk membasmi serangga. Insektisida biji jarak ini murah dan murah. Selain itu, bersifat biodegradabel atau terurai di alam. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika hasil penelitian biji jarak sebagai insektisida pembunuh serangga ini dipatenkan. Kemudian, resep dan cara pemanfaatannya disebarluaskan di kalangan petani Indonesia.Itulah sekelumit kisah tanaman jarak. Tanaman sederhana yang punya banyak manfaat. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu manfaatnya. Yang  tahu pun belum tentu dapat memanfaatkannya. Maka dari itu, marilah kita memanfaatkan tanaman jarak. Kita mulai dengan menanam jarak di pekarangan rumah.



Esai terdiri atas tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Namun, esai tidak
selalu disertai dengan penutup yang berupa kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts