Rabu, 02 Maret 2016

Bagaimana cara membuat proposal program kegiatan sekolah?

Di setiap sekolah selalu ada program kegiatan sekolah.
Program kegiatan sekolah itu, misalnya Karya Ilmiah Remaja (KIR), studi banding, study tour, pecinta alam. Sebelum program kegiatan itu dilaksanakan, biasanya membuat usulan atau proposal kegiatan dahulu. Usulan atau proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal diajukan dengan tujuan untuk mendapat persetujuan atau izin atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Namun, kadang kala proposaldiajukan dengan tujuan untuk mendapatkan bantuan dana. Pembuat proposal harus dapat merangkaikan hal atau masalah yang diusulkan dalam proposal dengan baik. Proposal yang dibuat harus memuat unsur-unsur berikut ini

1. Rumusan Permasalahan
Rumusan permasalahan berisi latar belakang permasalahan yang dihadapi dan menunjukkan pentingnya permasalahan tersebut untuk segera diselesaikan.
2. Saran Pemecahan dan Pengajuan Usulan
Saran pemecahan merupakan inti atau sasaran utama dari setiap proposal. Dalam bagian ini penyusun berusaha menyajikan jalan keluar atas masalah yang dihadapi. Kemudian, jalan keluar yang telahdiuraikan tersebut dirumuskan dalam bentuk usulan yang berupakegiatan. Untuk mencapai tujuan seperti yang diungkapkan dalam usulan tersebut, penyusun dapat memberi penjelasan secara singkat mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.
3. Teknik Pelaksanaan
Teknik pelaksanaan adalah cara menyelesaikan permasalahan yang diajukan dalam proposal. Teknik pelaksanaan ini dimaksudkan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Selain itu, juga untukmeyakinkan penerima proposal bahwa permasalahan tersebut dapatdisampaikan secara logis dan tepat guna.
4. Pelaksanaan kegiatan
Pada bagian ini penyusun proposal menyajikan jadwal atau pelaksanaan program kerja. Dengan begitu, penerima proposal dapat mempunyai gambaran tentang kegiatan sejak awal hingga akhir.
5. Anggaran
Anggaran adalah biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang diungkapkan dalam proposal. Penyusun proposal dapat menyajikan anggaran yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
6. Penutup
Bagian ini berisi tempat, tanggal penyusunan proposal, dan penanggung jawab proposal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts