Jumat, 25 September 2015

Apa Langkah-langkah untuk membaca grafik dan matriks.?

Fungsi atau kegunaan grafik dan matriks tersebut antara lain:
a. menunjukkan fakta dengan jelas;
b. mempercepat komunikasi;
c. menunjukkan fakta-fakta dalam konteks;
d. menunjukkan hubungan statistika lebih jelas daripada kata-kata;
e. menunjukkan fakta-fakta lebih mudah; dan
f. membuat hidup konsep-konsep yang diusulkan.

Langkah-langkah untuk membaca grafik dan matriks.
  1.  Baca judulnya,karena judul pada grafik dan matriks memberikan gambaran yang padat tentang informasi yang akan disampaikan. 
  2. Baca informasi yang ada pada bagian atas, bagian bawah, dan sisi dari grafik atau matriks yang merupakan kunci penjelasan tentang materi yang disajikan dan berupa urutan tahun  persentase, dan angka-angka
  3.  Ajukan pertanyaan tentang tujuan grafik atau matriks tersebut. Kalian dapat mengetahui tujuan itu dengan mengubah judul menjadi pertanyaan di mana, seberapa banyak, atau bagaimana ter-jadinya. Jawaban dari pertanyaan tersebut ada pada grafik atau matriks.
  4.  Baca grafik atau matriks tersebut secara menyeluruh untuk mendapat keterangan dan informasi yang disajikan. Sementara membaca, tetaplah ingat akan maksud dan tujuan informasi grafik tersebut.

a. Grafik
Grafik merupakan bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat yang berbeda yang dinyatakan dengan garis atau gambar. Grafik menyampaikan sesuatu yang rumit secara mudah tanpa uraian panjang lebar. Grafik memberikan gambaran data secara efektif, efisien,dan sederhana.

Contoh grafik tersebut dapat dibaca dengan menggunakan empat langkah seperti diuraikan berikut ini:
  1.  judul grafik “Volume Pasar Kendaraan Bermotor Roda Empat 1997-2004 (per unit)”. Dari judul ini kita dapat memperkirakan bahwa grafik tersebut menjelaskan jumlah penjualan kendaraan bermotor roda empat (mobil) dari tahun ke tahun mulai 1997 sampai dengan 2004.
  2.  informasi yang ada di sisi dan di bawah grafik menunjukkan: (1) jumlah unit mobil yang terjual,
  3.  tahun-tahun tertentu dari 1997 sampai 2004.
  4.  kita dapat mengubah judul dengan menjadikan sebuah pertanyaan. Misalnya, bagaimana perkembangan volume penjualan mobil dari tahun ke tahun mulai 1997 sampai dengan 2004? Informasi pada grafik itu akan menunjukkan jawabannya.
  5.  baca grafik secara menyeluruh dan ingatlah tujuan dari grafik yaitu menunjukkan perkembangan volume penjualan mobil pada tahuntahun tersebut.

b. Matriks

Matriks atau tabel menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematik, dalam jumlah menurut kesatuan tertentu. Tabel menjadi alat pembantu untuk merangkum gagasan tertentu. Dari judul tabel kita mengetahui secara singkat, tetapi jelas pokok yang terkandung dalam isi tabel. Dalam judul diterangkan mengenai apa, di mana, danbagaimana perkembangan suatu fakta tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts