Kamis, 17 September 2015

Bagaimana langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadidari Berbagai Sumber (Berita, Artikel, dan Buku?

Mendiskusikan Masalah dari Berbagai Sumber (Berita, Artikel, dan Buku
Masalah akan selalu ada dalam setiap kehidupan. Kita pun tentu pernah menghadapi sebuah permasalahan, baik permasalahan dengan teman, saudara, orang tua, guru dan lainnya. Sebuah permasalahan yang terjadi sebaiknya dicari solusi atau penyelesaian bagaimana baiknya, bukan ditinggalkan atau bahkan lari dari permasalahan yang terjadi. Begitu juga dengan permasalahan yangdimunculkan dalam teks, sebaiknya juga dicari solusi yang tepat.

Dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi tidak langsung diputuskan siapa yang bersalah, siapa yang dihukum dan cara seperti ini cara yang kurang tepat untuk menyelesaikannya. Namun terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi ataupun yang dimunculkan dalam teks. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi.
  1. Baca dan pahami substansi teks yang telah dipilih atau yang mengandung permasalahan.
  2. Daftar kata-kata sulit atau kata-kata khusus yang membutuhkan penjelasan atau pengertian. Selanjutnya berikan pengertian atau penjelasan pada kata tersebut dan sesuaikan dengan konteks  kalimat dari teks tersebut.
  3. Ringkas isi teks tersebut dan lakukan analisis terhadap permasalahan yang terkandung dalam isi teks tersebut
  4.  Diskusikan secara berkelompok permasalahan yang terkandung di dalam teks (dalam hal ini lakukan identifikasi terhadap inti permasalahan, penyebab permasalahan serta akibat dari permasalahan yang terjadi).
  5. Setelah diperoleh pemahaman yang cukup tentang permasalahan yang terjadi, berikan tanggapan serta prediksi penyelesaian dengan berbagai kemungkinan risiko yang akan terjadi.
  6. Selanjutnya lakukan berbagai pertimbangan atas beberapa penyelesaian. Sehingga akan ada penyelesaian yang terbaik di antara yang paling baik
  7.  Ungkapkan dalam forum solusi yang terpilih. Sebutkan pula alasan serta argumentasi yang mendukung pemilihan yang telah kita pilih. Persiapkan pula jawaban atas pertanyaan, tanggapan dan saran dari forum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts