Selasa, 29 September 2015

Apa pengertian Parafrasa dan Penggunaan Sinonim dan Parafrasa?

Parafrasa
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, parafrasa adalah:
  1. pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi yang lain tanpa mengubah pengertiannya;
  2. penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain dengan maksud untuk menjelaskan makna yang tersembunyi.
Dari pengertian itu dapat disimpulkan, parafrasa adalah suatu pengungkapan atau penguraian kembali suatu bentuk bahasa baik berupa kata, kelompok kata, atau satuan lainnya dengan maksud memperjelas arti dan menghindari pengulangan yang mubazir. Kegiatan parafrasa sebenarnya mencakup halhalsebagai berikut:
a. mensubstitusi / mengganti (sinonim);
b. menambahkan.

Penggunaan Sinonim dan Parafrasa
Sebuah kalimat atau paragraf dapat diubah atau diperbaiki redaksinya dengan menggunakan sinonim dan parafrasa. Tentang sinonim telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya. Berikut ini kita akan membahas parafrasa.
Contoh parafrasa dalam kalimat:

1
Dokter ahli bedah plastik mendapat hadiah dari IDI. Parafrasanya menjadi: Dokter ahli bedah plastik mendapat hadiahdari organisasi para dokter Indonesia

2 Pesawat bergoyang beberapa detik untuk
kemudian berdebum. Parafrasanya menjadi: Pesawat bergoncang beberapa detik untuk kemudian jatuh ke bumi dan menimbulkan bunyi yang keras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts