Jumat, 25 September 2015

Bagaimana Langkah-langkah pengalihan informasi verbal ke nonverbal dan Mengungkapkan Bagan secara Verbal?

Langkah-langkah pengalihan informasi verbal ke nonverbal antara lain sebagai berikut:
1. mencermati isi dan sifat informasi dengan saksama;
2. menentukan efektif tidaknya informasi tersebut divisualisasikan;
3. memilih bentuk visual yang tepat (bagan, grafik, tabel, dsb)
4. memilih lambang, bentuk, warna yang tepat untuk memvisualisasikan item-item datanya;
5. membuat visualisasi yang tepat untuk informasi tersebut

Mengungkapkan Bagan secara Verbal
Berbeda dengan grafik dan matrik, bagan tidak berkaitan dengan data berupa angka atau jumlah. Bagan digunakan untuk memberi petunjuk hubungan antara suatu pokok pikiran tertentu dengan penjelasan atau langkah-langkahnya. Bagan di atas adalah bagan yang dibuat oleh Fiki Syarifudi yang bermaksud melakukan pemeriksaan zat besi dalam selada. Jika kalian diminta untuk mengungkapkan bagan tersebut secara verbal, berikut ini uraiannya!

Pemeriksaan Zat Besi (Fe) dalam Selada
Selada adalah sayuran yang mengandung zatzat penting yang berguna bagi tubuh manusia. Kandungan zat dalam selada antara lain vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, dan kalium. Khusus zat besi diperlukan tubuh untuk metabolisme, pembentukan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih dalam sumsum.

Fiki Syarifudin, siswa kelas IV SMK Analis Kimia Caraka Nusantara bermaksud melakukan pemeriksaan zat besi dalam selada. Langkahlangkah kerja pertama yang dilakukan adalah  mengambil sampel selada yang diambil dari tiga tempat yang berbeda. Ia juga mempersiapkan alat, bahan, dan pereaksi yang digunakan. Peralatan tersebut di antaranya blender, kaca arloji, lumpang, neraca analitik, pipet, dan lain-lain. Bahan dan pereaksi meliputi selada, FeSO47H2O, HNO3, H2O2, H2SO4, dan Aquadest. Selanjutnya ia melakukan preparasi atau persiapan penanganan sampel sebelum melakukan pemeriksaan.

Di samping itu, ia juga menyiapkan larutan standar besi (Fe) atau larutan baku. Langkah berikutnya adalah mengukur larutan sampel dan larutan standar besi dengan alat instrumen yaitu spektrofotometer serapan atom, kemudian melakukan perhitungan hasil pengukuran. Terakhir ia membuat laporan hasil pemeriksaan zat besi (Fe) dalam selada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Iklan 300x250

Recent post

Popular Posts